Pasarwajo (Antara News) - Pemerintah Kabupaten Buton menjadikan wilayah Lasalimu Selatan sebagai kawasan lumbung pangan di kabupaten itu.

"Wilayah Lasalimu Selatan dan sekitarnya, memiliki potensi lahan pertanian dan perkebunan yang sangat subur dan menjanjikan kesejahteraan masyarakat," kata Wakil Bupati, La Bakry di Pasarwajo, Senin.

Menurut dia, bila potensi pertanian dan perkebunan wilayah Lasalimu Selatan dikembangkan dengan baik, maka produksi pertanian tidak hanya bisa menjadi penompang utama kebutuhan pangan masyarakat Buton melainkan juga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Baubau, Buton Selatan dan Wakatobi.

Atas pertimbangan itulah, Pemerintah Kabupaten Buton menetapkan kawasan Lasalimu Selatan dan sekitarnya sebagai lumbung pangan Kabupaten Buton.

"Oleh karena potensi lahan pertanian dan perkebunan di wilayah Lasalimu Selatan sangat subur, maka Bank Pembangunan Daerah Sultra atau Bank Sultra saat ini telah membuka kantor kas di Lasalimu Selatan," katanya.

Diharapkan keberadaan kantor kas Bank Sultra di Lasalimu Selatan tersebut dapat dimanfaatkan masyarakat untuk mendapatkan pinjaman kredit sehingga bisa mengembangkan usaha pertanian dan perkebunan secara optimal.

"Kalau masyarakat Lasalimu bisa memanfaatkan dana-dana kredit di Bank Sultra untuk mengembangkan usaha pertanian dan usaha-usaha ekonomi produktif lainnya, maka pertumbuhan ekonomi masyarakat di kawasan Lasalimu Selatan bisa terus meningkat," katanya.

Pewarta : Agus
Editor :
Copyright © ANTARA 2024