Kendari (Antara News) - Pemerintah Kota Kendari meminta perbankan setempat mempermudah persyaratan pengajuan kredit usaha rakyat terutama untuk pelaku usaha mikro kecil menengah.

"KUR tersebut sangat berarti untuk pengembangan usaha kecil sehingga perbankan harus mempermudah syarat-syarat pengajuan KUR khususnya bagi UMKM," kata Sekda Kota Kendari Alamsyah Lotunani di Kendari, Rabu.

Menurut dia, pihak perbankan khususnya yang menjadi penyalur KUR harus aktif memberikan sosialisasi terkait pengajuan ke masyarakat-masyarakat desa, serta organisasi kepemudaan dan mahasiswa. "Saya kira itu sangat diperlukan sebab ada keluhan warya yang ingin berwirausaha dan ingin mendapatkan modal, sulit mendapatkan informasi terkait KUR," katanya.

Alamsyah mengatakan, pihaknya melalui dinas terkait telah memberikan pembinaan kepada sejumlah UMKM agar bisa memiliki manajemen pengelolaan usaha dengan baik dan bisa mendapatkan bantuan pemerintah. "Kami berikan pelatihan manajemen usaha, termasuk mendorong UMKM agar memiliki izin usaha kecil menengah agar memudahkan mendapatkan bantuan pemerintah," katanya.

Dikatakannya pemerintah saat ini termasuk perbankan susah memberikan bantuan kepada pelaku UMKM kalau tidak memiliki izin UKM karena menjadi salah satu jaminan.

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024