Kendari (Antara News) - Pemerintah Kota Kendari mendukung percepatan pembangunan Jembatan Bahteramas Teluk Kendari yang dibangun pemerintah pusat.

"Pemerintah kota tentunya sangat mendukung percepatan pembangunan Jembatan Teluk Kendari ini karena akan memberikan dampak multiefek terhadap perekonomian daerah," kata Wali Kota Kendari, Asrun, di Kendari, Rabu.

Ia mengatakan Jembatan Teluk Kendari tersebut akan mendorong pemerataan pembangunan wilayah utara Kendari dan bagian selatan Kendari. "Dengan adanya Jembatan Bahteramas Teluk Kendari maka mendukung dari beroperasinya Pelabuhan Bungkutoko dan Pelabuhan Kontainer atau Kendari Newpoet yang dibangun PT Pelindo di Bungkutoko," katanya.

Dikatakakan, pembangunan jembatan dengan total anggaran mencapai Rp729 miliar bersumber dari Anggaran Pengeluaran Belanja Negara (APBN) dan dikerjakan secara bertahap selama tiga tahun hingga tahun 2018. "Untuk konstruksi Jembatan Teluk Kendari ini menggunakan cable stayed yang serupa dengan jembatan Barelang di Batam, Jembatan Suramadu di Jawa Timur dan jembatan Merah Putih di Ambon,"katanya.

Jembatan Teluk Kendar, yang akan menghubungkan Kecamatan Kendari (utara teluk) dan Kecamatan Abeli (selatan teluk) dengan panjang sekitar 1,3 kilometer, akan dikerjakan oleh konsorsium kontraktor PT Pembangunan Perumahan (PP) dan PT Nindya Karya.

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024