Jakarta (Antara News) - Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno menggalang 118 BUMN untuk menggelar berbagai kegiatan dalam rangka memperingati HUT ke-71 Kemerdekaan RI.

        "Program yang digelar BUMN di seluruh Indonesia ini wujud kepedulian BUMN terhadap kondisi sosial kemasyarakatan, sekaligus menunjukkan kerja nyata BUMN sebagai korporasi yang menjadi salah satu penopang pertumbuhan ekonomi nasional," kata Rini di Kantor Kementerian BUMN, di Jakarta, Jumat.

        Kegiatan itu mulai dari upacara bendera, gerak jalan, menyediakan air bersih, mandi cucu kakus, pasar sembako, pembinaan desa terpencil, siswa mengenal nusantara hingga bedah rumah veteran.    

        Didampingi sejumlah direksi dan komisaris BUMN, Rini mengatakan program itu diharapkan mampu menciptakan rasa cinta dan kebanggaan sebagai warga negara Indonesia, sehingga di masa depan Indonesia mampu berdiri tegak di tengah keragamannya.

        Pada program sosial kemasyarakat, BUMN melakukan bedah rumah 1.700 veteran dalam bentuk perbaikan atap, lantai keramik, MCK, pengecatan dinding, ventilasi yang layak, dapur, ruang tidur dan ruang tamu. Kegiatan ini dilakukan bekerjasama dengan ZENI-TNI atau TNI teritorial setempat untuk pembangunannya.

        Pada program Siswa Mengenal Nusantara dilakukan dengan pemberian kesempatan kepada 20 pelajar SMU/ SMK/SLB kelas XI (2 orang di antaranya siswa penyandang disabilitas) di setiap provinsi di Indonesia.

        Peserta kemudian dikirimkan ke provinsi lain selama satu minggu agar saling mengenal keanekaragaman budaya maupun kekayaan alam provinsi tersebut. Selama kegiatan itu peserta tinggal bersama dengan keluarga angkat yang merupakan penduduk setempat.

        Selain itu, dilakukan juga pembinaan terhadap 192 mantan narapidana usia produktif di seluruh Indonesia yang sudah keluar Lembaga Pemasyarakatan mulai bulan Agustus tahun 2016.

        Pembinaan ini dilakukan dalam bentuk pemberian pelatihan terkait pengembangan keahlian/skill sebagai bekal untuk wirausaha. Selain itu juga diberikan bantuan peralatan sebagai modal kerja dan dilakukan  pendampingan usaha selama 6 bulan.

        Sementara itu, memerhatikan kondisi pemenuhan kebutuhan air bersih di berbagai daerah di Indonesia yang masih kesulitan untuk mengakses air bersih, BUMN juga berkomitmen untuk melakukan penyediaan sarana air bersih di 96 lokasi di seluruh Indonesia.

        Berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat, BUMN menargetkan sebanyak 20.600 MCK akan dibangun di 412 kabupaten di seluruh Indonesia, dan pembangunan tempat penitipan anak minimal di 1 pasar tradisional di tiap provinsi.

        Selanjutnya, di tengah euforia Olimpiade 2016, BUMN akan memberikan bantuan kepada 192 mantan atlet yang pernah mengharumkan nama bangsa di berbagai pentas olahraga berupa berupa pelatihan pengembangan keahlian, pengembangan usaha dan bantuan peralatan sebagai modal kerja, serta pendampingan usaha selama 6 bulan.

        Berikutnya, program Elektrifikasi Rumah Tangga dilaksanakan di 412 kabupaten di seluruh Indonesia berupa penyediaan sambungan listrik melalui koordinasi dengan PT PLN bagi 41.200 rumah.

        Selain kegiatan tersebut di atas, BUMN juga menggelar Program BUMN Mengajar, upacara peringatan HUT RI tanggal 17 Agustus 2016, Jalan Sehat 5 Km, Pameran Mitra Binaan BUMN, Pasar Murah, dan berbagai lomba yang diikuti masyarakat. Dalam kegiatan Pasar Murah, BUMN menyebar sedikitnya 34.000 paket sembako di seluruh Indonesia senilai Rp150.000 per paket yang dijual kepada masyarakat hanya senilai Rp25.000 per paket.

Pewarta : Royke Sinaga
Editor :
Copyright © ANTARA 2024