Makassar (Antara News) - Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo menerima penghargaan sebagai Kepala Daerah Inovatif 2016 Kategori Tata Kelola Pemerintahan.

         "Penghargaan ini akan merangsang daerah lain, untuk bisa menciptakan inovasi di daerahnya. Inovasi akan mendorong peningkatan perekonomian masyarakat," kata Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang menyerahkan  penghargaan tersebut di Bandung, Jawa Barat, Kamis(11/8).

         Syahrul menerima penghargaan Kepala Daerah Inovatif bersama lima gubernur lainnya. Antara lain, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Banten Rano Karno, dan Gubernur Maluku Said Assagaff.

         Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, mengatakan, semua kepala daerah harus memiliki inovasi, sekecil apapun itu. Jika ini dilakukan, kata dia, maka semua daerah akan memiliki basis tujuan yang jelas. "Apalagi, dengan kekhasan setiap provinsi di Indonesia," imbuhnya.

         Sementara, Menteri Pedesaan dan Daerah Tertinggal Eko Putro Sandjojo yang turut hadir pada kesempatan tersebut mengatakan inovasi sangat dibutuhkan dalam membangun daerah, bahkan mulai dari desa.

         Apa lagi, kata dia, tahun ini, pemerintah pusat mengucurkan dana desa hingga Rp46 triliun dan akan meningkat setiap tahunnya, agar setiap daerah mampu berinovasi. "Inovasi sekecil apapun itu akan mendorong perekonomian daerah. Membangun daerah harus dimulai dari desa," kata Eko.

         Turut hadir pada malam penganugerahan penghargaan Kepala Daerah Inovatif 2016,  Ketua DPD RI Irman Gusman.

Pewarta : Nurhaya J. Panga
Editor :
Copyright © ANTARA 2024