Kolaka (Antara News) - Kodim 1412 Kolaka memodikasi kendaraan dinas roda dua yang ada di sejumlah Koramil di daerah itu dengan mengubah kendaraan operasional itu menjadi perpustakaan keliling guna meningkatkan minat baca masyarakat di pedesaan.

Dandim 1412 Kolaka Letkol CZI Cosmas Manukallo Danga di Kolaka Rabu mengatakab, kendaraan roda dua yang digunakan kegiatan operasional Danramil dimodifikasi dengan menambah perangkat `box` sebagai tempat penyimpanan buku bacaan.

"Kendaraan dinas roda dua itu kita modifikasi jadi perpustakaan keliling untuk menjangkau wilayah terpencil guna meningkatkan minat baca masyarakat setempat," katanya.

Ia mengatakan, kendaraan dinas yang ada di tujuh Koramil yang di bawah naungan Kodim Kolaka, yakni tersebar di Kabupaten Kolaka, Kolaka Timur dan Kolaka Utara, untuk dioperasionalkan guna melayani warga dengan berbagai macan buku bacaan.

Perpustakaan keliling ini, kata dia, dimotori oleh Kodam VII Wirabuana dan dilaksanakan serentak di seluruh wilayah itu dengan tujuan meningkatkan minat baca kepada warga pelosok.

Di Kolaka, kata dia, saat ini ada tiga unit kendaraan perpustakaan keliling yang beroperasi masing-masing Koramil Kolaka, Wundulako dan Watubangga.

Begitu juga di Kolaka Timur meliputi Koramil Rate-Rate dan Mowewe, serta di Kolaka Utara meliputi Koramil Lasusua dan Pakue.

Cosmas mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan perpustakaan daerah milik Pemerintah Kabupaten Kolaka untuk menyediakan buku bacaan tersebut. "Intinya kita sasar daerah terpencil untuk mengentaskan buta huruf dan meningkatkan minat baca bagi masyarakat," ujarnya.

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024