Kolaka (Antara News) - Pemerintah Kabupaten Kolaka menggelar lomba balapan perahu untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Republik Indonesia.

Bupati Kolaka, Ahmad Safei yang membuka secara resmi lomba perahu di Pantai Ria Kolaka, Rabu memberikan apresiasi kepada para nelayan yang antusias mengikuti lomba tersebut.

"Kita jangan melihat hadiah dari lomba ini, tapi semangat para nelayan yang ambil bagian dalam menyambut HUT RI tahun ini," katanya.

Safei juga mengingatkan tali silaturahmi dan paham kebangsaan sesama nelayan harus dijunjung tinggi karena Indonesia dikenal sebagai negara maritim yang harus dijaga kelestariannya. "Dengan semangat ini kita bisa menjaga kedaulatan bangsa," ujar mantan Sekda Kolaka itu.

Sementara itu Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Kolaka Syahfruddin mengatakan selain memeriahkan HUT RI, kegiatan ini juga untuk mempererat silaturahmi sesama nelayan.

"Peserta lomba perahu ini selain dari masing-masing kecamatan yang ada di Kabupaten Kolaka, juga ada peserta dari Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya menyediahkan hadiah bagi pemenang lomba perahu ini berupa mesin kapal nelayan.

Syafruddin menambahkan, pihak Pemerintah daerah itu juga melibatkan angkatan laut dalam kegiatan lomba ini sebagai ajang sosialisasi kepada nelayan untuk menangkap ikan dengan cara yang ilegal seperti penggunaan bom ikan. "Intinya selain memeriahkan HUT RI kita juga melakukan sosialisasi kepada nelayan agar dalam menangkap ikan tidak menggunakan bom karena akan merusak biola laut," ungkap Syafruddin.

Lomba balap perahu yang dilaksanakan di Pantai Ria Kolaka itu menjadi tontonan menarik bagi warga setempat.

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024