Kendari (Antara News) - Empat kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara meraih penghargaan Adipura 2016 dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup RI.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Sultra Hakku Wahab di Kendari, Senin, mengatakan empat daerah yang meraih Adipura itu adalah Kota Kendari, Kota Baubau, Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara, dan Unaaha, Kabupaten Konawe.

"Keempat daerah itu meriah Adipura kategori Adipura Buana. Kendari dan Baubau untuk kota sedang sedangkan Unaaha dan Lasusua kota kecil," katanya.

Menurut dia, Konawe merupakan daerah yang baru meraih adipura, sedangkan Kendari untuk kedelapan kali berturut-turut, Baubau dua kali berturut turut, Lasusua Kolaka Utara tiga tahun berturut-turut. "Sementara Kolaka yang sebelumnya meriah adipura beberapan tahun berturut-turut, tahun ini tidak termasuk dalam daftar penberima adipura," katanya.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI dalam rangka pelaksanaan Peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia Tingkat Nasional tahun 2016, acara Penerimaan Penghargaan diselenggarakan di Kabupaten Siak, Provinsi Riau, Jumat (22/7/2016).

Dijelaskan, adipura adalah gelar penghargaan yang diberikan kepada kota yang dinilai paling bersih dan rapi oleh Pemerintah Pusat, penghargaan Adipura diberikan setiap tahun, setelah sebuah panitia yang terdiri dari pejabat beberapa departemen melakukan penelitian dan penilaian.

"Penilaian itu dilakukan tidak hanya terhadap kebersihan yang tampak secara umum, melainkan juga terhadap cara pengorganisasian pemerintah daerah terhadap warganya dalam menggalakkan usaha kebersihan lingkungan," katanya.

Menurutnya, dengan penghargaan Adipura, hampir semua kota di Indonesia menggiatkan kampanye kebersihan kepada warganya. "Selain itu, mereka juga membuat berbagai program kebersihan yang harus dilaksanakan oleh aparat pemerintah daerah," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024