Kendari (Antara News) - Kota Kendari meraih tiga jenis penghargaan nasional bidang lingkungan hidup pada 2016 dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup RI.

Wali Kota Kendari Asrun di Kendari, Senin, mengatakan tiga jenis penghargaan bidang lingkungan hidup tersebut, adalah Piala Adipura Buana, Plakat TPA Sampah terbaik nasional, dan dua sekolah meraih Adiwiyata Mandiri 2016.

"Ketiga penghargaan itu diserahkan oleh Wakil Presiden bersama Menterti KLH Siti Nurbaya di Kabupaten Siak Jambi 22 Juli lalu," katanya.

Ia mengatakan khusus penghargaan Adipura merupakan yang kedelapan kali secara berturut-turut dimulai sejak 2009 hingga 2016, sedangkan khusus penghargaan TPA Sampah terbaik nasional baru diraih pada 2016. "Untuk penghargaan sekolah Adiwiyata Mandiri tahun ini ada dua sekolah kita yang memperoleh, yakni SMP 1 Kendari dan SD 5 Mandonga," katanya.

Khusus penghargaan Adiwiyata Mandiri kata Asrun, sudah ada enam sekolah di Kendari yang meraihnya selama tiga tahun berturut-turut, yakni SMP 17 Kendari dan SD 11 Mandonga pada 2014, SD 1 Baruga dan SMP 7 Kendari padan 2015.

Dia mengatakan perolehan tiga penghargaan bidang lingkungan tahun ini tersebut menunjukan bahwa semua elemen di kota itu bersinergi dalam menjaga dan mendukung kelestarian lingkungan. "Tentunya ini menjadi sebuah tantangan dan dorongan spirit bagi kita semua agar senantiasa terus berbuat inovasi dalam pengelolaan lingkungan agar kita terus mempertahankan penghargaan ini pada masa mendatang," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024