Kendari (Antara News) - Pemerintah Kota Kendari akan membangun tugu Adipura sebagai monumen peringatan bahwa daerah itu pernah meraih Adipura baik adipura biasa maupun adipura Kencana.

"Sudah delapan tahun kita meriah adipura secara berturut-turut, saya kira sudah saatnya kita membangun sebuah monumen atau tugu adipura agar menjadi bukti sejarah," kata Wali Kota Kendari, Asrun, di hadapan pimpinan SKPD di Kendari, Senin.

Menurut Asrun, desakan dari masyarakat untuk membangun tugu adipura sudah sejak lama yakni sejak pertama kali meriah adipura tahun 2009 silam.

"Tetapi saya ini beda dengan daerah lain, baru sekali dapat adipura langsung bangun tugu. Kalau saya tunggu dulu banyak kali dapat adipura baru bangun tugunya," ujar Asrun.

Ia mengaku sudah menetapkan beberapa calon titik lokasi untuk pembangunan tugu penghargaan terbaik bidang lingkungan tersebut.

"Salah satunya adalah gerbang perbatasan Kendari-Konawe Selatan. Pertimbangannya bahwa ketika orang dari luar daerah atau dari Bandara Haluoleo masuk kota Kendari langsung melihat tugu tersebut," katanya.

Tugu adipura kata Asrun, akan menjadi kenang-kenangan bagi masyarakat dimasa akhir jabatan memimpin Kota Kendari tahun 2017.

"Khusus di bidang lingkungan, paling tidak saya bisa membuat Kota Kendari dikenal luas tidak hanya di Indonesia, tetapi macanegara hanya dengan cara mengelola sampah, sehingga banyak daerah dan perwakilan luar negeri datang di kendari unutk belajar kelola sampah," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024