Kendari (Antara News) - Potensi pariwisata bahari Kabupaten Muna Barat sangat menjanjikan kesejahteraan masyarakat di wilayah kabupaten otonom baru tersebut.

"Muna Barat yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari pulau-pulau kecil, memiliki potensi pariwisata bahari yang luar biasa dan menjanjikan kesejahteraan masyarakat bila dikembangkan dan dikelola dengan baik," kata Penjabat Bupati Muna Barat, LM Rajiun Tumada di Kendari, Sabtu.

Menurut dia, alam bawah laut wilayah perairan laut sejumlah pulau kecil di Muna Barat memiliki terumbu karang yang tidak kalah menarik bila dibandingkan dengan alam bawah laut Wakatobi yang sudah terkenal hingga ke mancanegara.

Di alam bawah laut perairan laut Muna Barat kata dia, selain memiliki terumbu karang yang cukup fantastis dan menakjubkan, juga dihuni berbagai jenis ikan dan biota laut lainnya. "Saat ini kami sudah mulai menggali potensi pariwisata bahari Muna Barat untuk dikembangkan menjadi salah satu sektor unggulan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Menurut dia, obyek-obyek wisata bahari di wilayah periran laut Muna Barat sangat mudah diakses.

Dari Kota Kendari, ibukota Provinsi Sultra kata dia, menjangkau Muna Barat hanya butuh waktu kurang lebih tiga jam. "Kurang lebih dua jam perjalanan dari Kendari ke pelabuhan penyeberangan Torobulu dan satu jam perjalanan penyeberangan menuju Muna Barat," katanya.

Pewarta : Agus
Editor :
Copyright © ANTARA 2024