Kendari (Antara) - Kota Kendari meraih penghargaan Adipura untuk yang kedelapan kalinya dalam delapan tahun berturut-turut dari tahun 2009 sampai 2016.

Wakil Wali Kota Kendari, Musadar Mappasomba dari Siak, Riau, Jumat mengatakan dirinya baru saja menerima penghargaan adipura tahun 2016 yang diserahkan oleh Wapres RI Jusuf Kalla.

"Tahun ini kita masih berhasil mempertahankan predikat adipura, ini sebuah prestasi dan keberhasilan semua elemen masyarakat Kota Kendari," kata Musadar.

Ia mengatakan, Adipura diberikan kepada pemerintah kota Kendari tahun ini adalah kategori adipura buana yakni menggabunkan unsur sosial dengan lingkungan untuk membentuk kota yang layak huni yang tercermin dari masyarakat kota yang peduli lingkungan.

"Program Adipura merupakan salah satu instrumen Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang jika benar-benar dilaksanakan dengan kaidah `good environmental governance` akan berdampak positif," ujarnya.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Kendari Rusnani mengatakan, penghargaan Adipura memiliki peran strategis dalam mendorong pengelolaan sampah.

"Termasuk mendorong pemenuhan kewajiban pemerintah kabupaten dan kota terkait penyediaan dan pengoperasian TPA dengan metode minimal lahan uruk terkontrol dan mendorong pemenuhan target nasional, pengurangan dan penanganan sampah," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024