Kendari (Antara News) - Ribuan warga Kabupaten Wakatobi, Senin, masuk Kendari untuk menghadiri pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih periode 2016-2021, pasangan Aruhawi Ruda-Ilmiati Daud oleh Gubernur Sultra di Kendari, 28 Juni 2016.

Kepala Bagian Humas dan Protokoler Sekretariat Pemerintah Kabupaten Wakatobi, La Ode Ifi di Kendari, mengatakan ribuan warga Wakatobi yang datang ke Kendari tersebut diangkut dengan tiga unit armada kapal laut.

"Ribuan warga tersebut didatangkan ke Kendari, khusus untuk menyaksikan pelantikan bupati-wakil bupati Wakatobi periode 2016-2021, pasangan Aruhawi-Ilmiati Daud," katanya.

Menurut dia, bupati - wakil bupati Wakatobi yang akan dilantik Gubernur Sultra, H Nur Alam, pada Selasa siang merupakan hasil pemilihan kepala daerah serentak, 9 Desember 2015.

Gubernur Sultra akan melantik pasangan pemenang Pilkada Wakatobi tersebut kata dia, karena masa jabatan pasangan bupati-wakil bupati sebelumnya, Hugua-Aruhawi Ruda baru akan berakhir 28 Juni 2016. "Jadi, pelantikan bupati-wakil bupati Wakatobi tertunda hingga kurang lebih lima bulan, karena disesuaikan dengan masa berakhirnya masa jabatan bupati-wakil bupati sebelumnya," katanya.

Menurut Ifi, ribuan warga Wakatobi yang datang ke Kendari tersebut sebagian besar masyarakat biasa dan sebagian lagi para pegawai negeri sipil lingkup Pemerintah Kabupaten Wakatobi. "Para pegawai rela meninggalkan tugas karena menganggap pelantikan bupati-wakil bupati momen paling sakral yang terjadi sekali dalam lima tahun," katanya.

Pewarta : Agus
Editor :
Copyright © ANTARA 2024