Kendari (Antara News) - Di bidang pertanian, kesuburan tanah tidak boleh diabaikan sebab tanah adalah penunjang utama tanaman supaya bisa tumbuh subur. Tanah adalah unsur hara atau penyedia makanan untuk tumbuh-tumbuhan supaya bisa tumbuh dengan optimal dan berkesinambungan, sehingga tanah mesti dipertahankan kualitasnya.

Tanah yang baik, berarti tingkat produktivitasnya pun akan baik. Akan tetapi apabila tanah tersebut tidak baik dan juga pengolahannya buruk, maka tingkat produksinya pun akan buruk.

Untuk menilai bagus atau tidaknya tanah tersebut bisa dilihat dari tingkat keasamannya. Untuk mengetahuinya dibutuhkan alat khusus yaitu PH Meter.

PH Meter adalah sebuah alat yang bisa menguraikan kadar keasaman dan basa. Objek yang di ukur biasanya PH air, tanah, dan suhu. Mengetahui keasaman pada tanah dan unsur hara yang ada di dalamnya sangat penting sekali, terutama bagi pertanian dengan skala yang besar.

Tidak hanya untuk pertanian saja, ph meter pun mempunyai peran dan fungsi yang sangat penting untuk perusahaan air mineral yang mana air tersebut tidak boleh menunjukkan kadar asam ataupun basa melainkan harus netral.

Apabila ingin membeli PH Meter sebaiknya kunjungi Ralali.com. Di Ralali.com jual ph meter sangat lengkap dan berkualitas dengan beragam pilihan jenis dan merek ternama yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

PH Meter akan menunjukkan tingkat keasaman dengan nilai kadar kurang dari skala 7, sedangkan jika lebih dari skala 7 maka menunjukkan tingkat basa.

Mengingat fungsinya yang sangat penting, PH Meter harus di kalibrasi terlebih dahulu sebelum digunakan. Tujuan kalibrasi ini untuk menentukan kebenaran dan keakuratan nilai kadar yang terkandung pada objek yang akan diukur. Selain itu, kalibrasi pun bertujuan untuk menjaga alat ukur dengan bahan yang hendak diukur supaya tetap sesuai dengan spesifikasinya. Sehingga bisa mengetahui perbedaan antara spesifikasi yang ditunjukkan oleh PH Meter tersebut dengan spesifikasi yang sebenarnya.

Untuk melakukan kalibrasi tidak boleh sembarangan, ada beberapa hal yang mesti dilakukan ketika melakukan kalibrasi supaya hasilnya akurat, berikut ulasannya.

Langkah pertama siapkanlah larutan buffer ph yang mempunyai kadar ph 7 dan 4.

Kemudian, bukalah penutup elektrode lalu bersihkanlah dengan menggunakan cairan khusus, selanjutnya keringkan menggunakan tisu hingga benar-benar kering dan aktifkan tombol on yang ada pada alat tersebut.

Celupkanlah elektroda yang sudah kering pada larutan buffer yang mempunyai kadar ph 7. Setelah itu, tekanlah tombol CAL kemudian putar elektrode menjadi homogen. Layar pada PH Meter akan bergerak dan tunggu hingga benar-benar menunjukkan angka yang tetap.

Selanjutnya, celupkanlah kembali elektrode pada larutan buffer yang mempunyai kadar ph 4. Langkah selanjutnya lakukanlah hal yang sama seperti pada larutan ph 7 dan tunggu hingga benar-benar menunjukkan angka yang tetap.

Langkah terakhir, cucilah kembali elektrode dengan cairan khusus kemudian keringkan dengan tisu dan ph meter pun siap digunakan untuk melakukan pengukuran.

Pewarta :
Editor : Pemasaran
Copyright © ANTARA 2024