Kendari (Antara News) - Wali Kota Kendari Asrun segera memaparkan program inovasi baru bidang penataan lingkungan daerah setempat di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.

"Saya sudah menerima undangan pemaparan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI tepatnya tanggal 13 Juni 2016 di Jakarta," kata Wali Kota Kendari, Asrun, di Kendari, Sabtu.

Ia mengatakan, prsentase inovasi bidang lingkungan tersebut merupakan bagian dari penilaian adipura kencana tahun 2016. "Ini merupakan tantangan bagi daerah penerima adipura kencana sepeti Kendari karena harus ada inovasi dalam penataan lingkungan yang dilakukan setiap tahun. Dan itulah yang akan selalu dipantau," katanya.

Menurut dia, dileburnya dua kementerian menjadi satu yakni Kementerian Lingkungan Hidup dan Kementerian Kehutanan, berdampak pada kompeleksnya penilaian adipura dan adipura kencana. "Tidak hanya penataan bidang lingkungan, tetapi juga inovasi penataan kehutanan," katanya.

Pemeirntah Kota Kendari, kata Asrun, sudah siap terhadap seluruh syarat untuk mendapatkan adipura dan sudah dilakukan verifikasi langsung dari pusat di lapangan.

Disebutkan, beberapa inovasi Pemkot Kendari dalam penataan lingkungan dan kehutahan yang akan dipresentasikan adalah Pembangunan Kebun Raya Kota Kendari, Pembangunan Tracking Mangrove dan program lokal Adipura tingkat kelurahan. "Dengan inovasi tersebut, kita berharap bisa mempertahankan adipura kencana untuk ketiga kalinya secara berturut-turut," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024