Kendari (Antara News) - Provinsi Sulawesi Tenggara meraih satu medali perunggu atau juara tiga pada cabang keahlian wood craft/kriya kayu Lomba Kompetensi Siswa Sekolah menengah Kejuruan (LKS-SMK) Nasional XXIV di Malang, Jawa Timur tahun 2016.

Siswa SMK yang meraih juara tiga LKS-SMK nasional itu adalah Arman dari SMKN 4 Kendari dengan guru pendamping Jumadil, kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra Damsid, di Kendari, Selasa.

Menurut Damsid, prestasi tersebut merupakan salah satu hasil maksimal dari sekitar 1.000 lebih siswa SMK se-Indonesia yang mengikuti kegiatan itu pada 52 cabang keahlian.

"Prestasi itu akan menjadi motivasi bagi siswa SMK di sini bahwa bisa bersaing dengan siswa SMK lain di Indonesia," katanya lagi.

Dia menyebutkan, selain juara III bidang keahlian kriya kayu, ada lima siswa SMK lainnya dari Sultra yang meraih juara harapan pada beberapa cabang keahlian lainnya.

Tiga siswa meriah harapan satu yakni Setiawan pada lomba bidang keahlian pemasangan tegel dari SMKN 2 Kendari, Hilda Yesinta pada lomba keahlian menjahit dari SMKN 3 Kendari, dan Hasmawati bidang keahlian perikanan dari SMKN 4 Baubau.

Kemudian harapan dua yakni Risdayanti lomba bidang keahlian pengolahan hasil pertanian dari SMKN 5 Kendari, dan Asri Antyi Salim bidang keahlian melukis batik dari SMKN 4 Kendari.

Dia menyebutkan pula, Sultra mengirimkan 23 siswa-siswi SMK dalam LKS-SMK tersebut untuk mengikuti 23 lombang cabang keahlian.

LKS-SMK Nasional XXIV berlangsung mulai 23-28 Mei 2016 di Kampus Universitas Negeri Malang Kota Malang, Jawa Timur.

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024