Kendari (Antara News) - Pemerintah Kota Kendari berkomitmen meningkatkan infrastruktur pariwisata untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke daerah itu.

"Perbaikan infrastruktur menjadi prioritas untuk kenyamanan wisatawan seperti membenahi infrastruktur, keamanan dan pengelolaan objek wisata secara profesional," kata Kepala Bappeda Askar di Kendari, Sabtu

Ia mengatakan, bila merasa nyaman maka diharapkan wisatawan akan mempromosikan keunggulan Kendari kepada yang lain agar berkunjung juga ke kota itu.

"Infrastruktur yang baik juga akan memberi nilai tambah bagi penyelenggara acara untuk mengadakan `event` di daerah ini. Pada akhirnya, infrastruktur yang baik mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan," katanya.

Selain itu yang harus diperhatikan, kata dia, yaitu peningkatan pelayanan dan kemudahan akses tujuan tempat wisata, seperti akomodasi perjalanan wisata, yang dilakukan oleh biro perjalanan Wisata.

"Pariwisata merupakan salah satu sektor yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, meningkatkan apresiasi terhadap budaya daerah, menjalin persahabatan antarbangsa maupun individu dan membangun pengertian yang lebih baik dalam dunia global," jelas Askar.

Menurutnya, perkembangan kepariwisataan di Kendari dalam beberapa tahun belakangan ini telah mengalami perkembangan seiring dengan berbagai kegiatan nasional, regional maupun global yang digelar di ibu kota provinsi itu.

"Beberapa kegiatan yang berskala nasional maupun regional telah dilaksanakan di daerah ini selaku ibu kota provinsi, salah satunya pertemuan raja-raja nusantara dan masyarakat adat ASEAN. Ini tentunya ikut mengangkat pariwisata daerah," katanya.

Kenyamanan yang dirasakan saat berada di Kendari, kata dia, akan menjadi cerita tersendiri saat kembali ke daerah asalnya sehingga ikut mendorong promosi wisata daerah ini.

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024