Kupang (Antara News) - Sebanyak 25 negara dipastikan akan ikut ambil bagian dalam tour sepeda lintas Pulau Flores (Tour de Flores) yang dijadwalkan akan berlangsung 19-26 Mei 2016.

         "Jumlah peserta tour sepeda yang sudah pasti sampai saat ini sekitar 200 lebih. Angka pastinya kami belum terima dari panitia. Mereka berasal dari 25 negara," kata Sekretaris Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Timur Wely Rohimone kepada Antara di Kupang, Senin.

         Dia mengemukakan hal itu, berkaitan dengan kepastian jumlah peserta yang akan ikut dalam tour sepeda lintas Pulau Flores (Tour de Flores) 2016.

         Menurut dia, jumlah peserta bersepeda itu tidak termasuk panitia penyelenggara dan lainnya, yang berjumlah sekitar 300 lebih. "Kalau kita total peserta dan penyelenggara serta lainnya, sekitar 500 lebih orang yang akan masuk ke Pulau Flores," kata Wely Mone.

         Dia menambahkan, para peserta dijadwalkan tiba di Lembata pada hari ini, Senin (16/5) di Kabupaten Lembata dan pada 17 Mei baru bergeser ke Flores Timur, sebagai tuan rumah pelepasan peserta. "Kami baru konfirmasi ke Lembata, tetapi mereka belum tiba. Kemungkinan petang ini," katanya.

         Tour sepeda lintas Pulau Flores (Tour de Flores) ini akan menjadi ajang lomba paling menantang dibanding Tour de Singkarak dan Tour Banyuwangi.

         Lomba sepanjang 615 Km, start dari Kota Larantuka, Flores Timur dan finis di Labuan Bajo, 26 Mei 2016 itu akan dihadiri Presiden RI, Joko Widodo.

         Ada lima etape yang dilewati peserta. Etape pertama dari Larantuka-Maumere menginap di Maumere. Etape ke-dua dari Kota Maumere-Ende, ketiga Ende-Bajawa, ke-empat Bajawa-Ruteng dan etape ke-lima Ruteng-Labuan Bajo.

         Pada setiap etape, para peserta akan mendapat hiburan dari anak-anak daerah, yang akan menggelar berbagai acara kesenian.

Pewarta : Bernadus Tokan
Editor :
Copyright © ANTARA 2024