Kendari (Antara News) - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dektanasda) Kota Kendari menjadikan momen Pameran Kendari Expo 2016 untuk mempromosikan tenun lokal daerah itu.

"Kita promosikan tenun lokal agar bisa lebih dikenal luas oleh masyarakat yang berkunjung di Kendari Expo," kata ketua Dekranasda Kendari, Ny Sriyastin, di Kendari, Selasa.

Ia mengatakan, kain tenun lokal Kendari memiliki banyak motif sehingga masyarakat perlu mengetahui agar disesuaikan dengan kebutuhan pembuatan busana sesuai peruntukan. "Misalnya kalau dijahit untuk busana pesta, busana kantoran, busana santai, busana sekolah ataupun busana lain banyak motif yang bisa menjadi referensi," katanya.

Selain menampilkan kain tenun lokal, juga ditampilkan alat tenun kain lokal agar masyarakat mengetahui proses pembuatan kain lokal. "Selain tenun dan alat tenun, kami juga tampikan hasil kerajinan kelompok binaan Dekranasda yang ada di Kendari," katanya.

Kerajinan yang ditampilkan pada Stan Pameran Kendari Expo tersebut di antaranya kerajinan anyaman, kerajinan gembol, dan berbagai kerajinan lainnya.

Pameran Kendari Expo 2016 merupakan rangkaian peringatan hari ulang tahun ke-185 Kota Kendari yang digelar di Alun-alun Kendari pada 8-14 Mei 2016.

Pewarta : Suparman
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024