Kendari (Antara News) - Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) Sulawesi Tenggara (Sultra) menyiapkan 3,6 ton ikan untuk meramaikan lomba bakar ikan yang akan digelar di pantai teluk Kendari, pada 8 Mei 2016.

Sekretaris Panitia Lomba Sewan Kendari, Selasa, mengatakan ikan yang disiapkan dalam lomba bakar ikan tersebut bersumber dari DPD PDI Perjuangan dan 17 DPC PDIP Perjuangan se Sultra.

"DPD PDI Perjuangan Sultra dan setiap DPC PDI Perjuangan kabupaten/kota, kami wajibkan menyediakan ikan sebanyak 200 kilogram." katanya.

Menurut dia, PDI Perjuangan menggelar lomba bakar ikan tersebut dalam rangkaian memperingati Hari Jadi ke-43 PDI Perjuangan yang jatuh pada 1 Juni 2016.

Lomba tersebut kata dia, diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia dengan harapan dapat mencatatkan rekor Muri dalam kategori lomba bakar ikan terbanyak di Indonessia. "PDI Perjuangan menyelenggarakan lomba bakar ikan itu untuk mendorong masyarakat Indonesia agar gemar makan ikan," katanya.

Menurut dia, tingkat konsumsi ikan masyarakat Indonesia saat ini masih sangat rendah, yakni hanya tercatat sebanyak 39 kilogram per kapita penduduk per tahun.

Padahal kata dia, negara ini merupakan negara maritim yang memiliki potensi perikanan cukup melimpah.
"Idealnya, tingkat konsumsi ikan per kapita penduduk per tahun sebanyak 52 kilogram per tahun," katanya.

Oleh karena itu kata dia, diharapkan melalui kegiatan lomba bakar ikan tersebut dapat mendorong masyarakat untuk meningkatkan konsumsi ikan sehingga bisa mencapai tingkat komsumsi ikan ideal sebnayak 52 kilogram perkapita penduduk per tahun.

"Dengan tingkat konsumsi ikan yang mencapai ideal, maka dapat dipastikan negara ini akan melahirkan generasi yang kuat, sehat dan cerdas," katanya.

Ia mengatakan dalam lomba bakar ikan tersebut panitia menyediakan sejumlah hadiah menarik.

Pewarta : Agus
Editor :
Copyright © ANTARA 2024