Kendari (Antara) - Pemerintah Kota Kendari menyiapkan dan menargetkan tiga Puskesmas untuk diakreditasi oleh Tim Akreditasi Nasional tahun 2016.

"Ketiga Puskesmas itu yakni Puskesmas Poasia, Puskesmas Lepo-Lepo dan Puskesmas Puuwatu," kata Kepala Dinas Kesehatan Kendari, Maryam Rufiah di Kendari, Kamis.

Ia mengatakan, Kota Kendari memiliki 15 Puskesmas, namun hanya tiga puskesmas yang dianggap bisa memenuhi syarat akreditasi. "Untuk meraih akreditasi ini memang tidak mudah, sekitar 300 lebih butir-butir akreditasi yang akan menjadi indikator penilaian." ujarnya.

Dia menyebutkan, butir-butir penilaiannya antara lain masalah ijin operasional, pelayanan pasien, fasilitas, sumber daya manusianya. "Dengan persiapan yang kita lakukan selama ini, Saya yakinlah Kota Kendari tahun ini dapat bersaing dengan Puskesma di seluruh Indonesia yang juga akan dilakukan akreditasi," katanya.

Dia mengatakan, proses penilaian akreditasi akan dimulai pertengahan tahun 2016 ini di seluruh Puskesmas Indonesia. "Akreditasi itu penting untuk meningkatkan akses dan kualitas mutu pelayanan kesehatan," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024