Kendari (Antara News) - Dinas Pendapatan Kota Kendari mengimbau pemilik hotel, rumah makan, dan tempat hiburan malam di daerah ini untuk menerapkan sistim parkir elektronik.

"Demi keamanan kendaraan konsumen atau pengunjung dari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya pemilik dan pengelola hotel, rumah makan dan tempat hiburan malam itu menggunakan parkir elektronik," kata Kadis Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Kendari Nahwa Umar, di Kendari, Selasa.

Ia mengatakan, dengan parkir elektronik lebih menguntungkan daripada parkir manual, karena selain meningkatkan keamanan lokasi parkir, juga menjamin transparansi pengelolaan keuangan parkir.

Selain itu, parkir elektronik mampu mendeteksi kendaraan yang masuk maupun kendaraan yang keluar, sehingga jika ada hal-hal yang tidak menyenangkan bagi pemilik kendaraan dapat terdeteksi, apalagi bila hotel maupun rumah makan itu sudah memiliki CCTV.

Penggunaan CCTV itu bila terjadi pencurian, akan memudahkan pencarian.

Dia membenarkan, saat ini sudah ada beberapa hotel yang menggunakan parkir elektronik, tapi lebih banyak yang belum menerapkannya.

Terkait dengan tarif, Nahwa Umar mengatakan, hal itu akan diatur sesuai dengan ketentuan. Artinya tidak seenaknya pemilik hotel maupun rumah makan memasang tarif parkir di luar batas kewajaran.

Pewarta : Azis Senong
Editor :
Copyright © ANTARA 2024