Kendari (Antara Sews) - Warga berbondong-bondong mendatangi tempat pemungutan suara yang melaksanakan pemungutan suara ulang (PSU) Pilkada Muna, Selasa.

Warga mulai mendatangi TPS sebelum petugas KPPS memulai proses pemilihan seperti yang terlihat di salah satu TPS, yakni TPS 4 Kelurahan Wamponiki dan TPS 4 Keluranan Wamponiki.

Salah seorang pemilih La Ode Arfan (54) mengaku sudah mendatangi TPS 4 Kelurahan Raha I sebelum petugas membuka kotak suara pada pukul 07.00 waktu setempat.

"Saya datang cepat-cepat untuk menyalurkan hak pilih karena ingin pulang cepat melakukan tugas lain," katanya lagi.

La Ode Amiruddin warga lainnya mengaku datang memilih lebih awal karena ingin melihat suasana yang sudah lama dinanti-nantikan oleh warga Muna dalam menentukan pemimpin lima tahun ke depan.

Lokasi sekitar TPS itu juga dipadati warga yang hanya sekadar ingin melihat prosesi PSU tersebut, mengingat mereka bukan pemilih tetap di TPS itu.

Ketua KPU Muna Amin Rambega mengatakan PSU Muna hanya dilaksanakan pada tiga tempat pemungutan suara pada dua kecamatan, yakni Kecamatan Katobu dua TPS, dan Kecamatan Marobo satu TPS.

Dia menyebutkan, lokasi TPS itu yakni TPS 4 Wamponiki di SOR La Ode Pandu, TPS 4 Raha 1 di GOR Paelangkuta, dan TPS 1 Desa Marobo di lapangan sepak bola Desa Marobo.

"Untuk PSU di tiga TPS itu, jumlah pemilih yang terdafrar dalam DPT sebanyak 1.887 orang," katanya lagi.

Ia membenarkan jumlah pemilih tetap dalam DPT itu mengalami peningkatan setelah KPUD setempat melakukan validasi data.

PSU Pilkada Muna diikuti tiga pasangan calon yakni LM Rusman Emba-Malik Ditu (1), La Ode Arwaha Adi Saputra-La Ode Samuna (2), dan LM Baharuddin-La Pili (3).

Pewarta : Suparman
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024