Kendari (Antara News) - Pemerintah Inggris tahun ini membantu Kabupaten Buton Selatan (Busel)  berupa pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) berkapasitas 20 Mega Watt (MW).

"Bantuan Pemnerintah Inggris kepada Buton Selatan itu merupakan bagian dari kerjasama antara Pemerintah Inggris dan Pemerintah Indonesia," kata Penjabat Bupati Buton Selatan, HM Faisal di Kendari, Kamis.

Menurut dia, Pemerintah Inggris memberikan bantuan PLTS berkapasitas 20 MW itu, untuk mendukung investor yang berminat menanamkan modalnya di Busel, terutama investor yang bergerak di bidang industri perikanan.

Selain itu kata dia, juga untuk mengatasi kebutuhan energi listrik bagi masyarakat yang selama ini kmasih kekurangan di Busel.

"Dengan pembangunan PLTS di Busel itu, maka para investor yang ingin mendirikan industri terutama industri perikanan di Busel, tidak kesulitan lagi dengan energi listrik," katanya.

Menurut dia, wilayah Busel yang sebagian besar terdiri dari wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil memiliki potensi perikanan yang cukup melimpah.

Berbagai potensi perikanan di Busel kata dia, antara lain ikan tuna, cakalang, ikan putih, ikan sunu dan lain-lain.

"Khusus ikan tuna, berdasarkan hasil penelitian, di perairan laut Buton Selatan potensinya terbesar di Sultra," katanya.

Pewarta : Agus
Editor :
Copyright © ANTARA 2024