Kendari (Antara News) - Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Kendari mengkampanyekan kepada warga di daerah itu untuk mendukung program "gerakan kali bersih".

"Kami tidak hanya sekedar mengajak, tetapi juga melakukan sejumlah aksi bersih-bersih kali yang ada di kota ini," kata kepala BLH Kendari, Rusnani, di Kendari, Selasa.

Ia mengatakan, gerakan tersebut hanya mengajak warga agar tidak membuang sampah sembarangan ke sungai, demi menjaga kesehatan lingkungan.

"Gerakan ini akan terus dikampanyekan untuk membentuk pola hidup bersih masyarakat," katanya.

Menurut dia, terdapat belasan anak sungai atau kali yang melintasi pemukiman di Kota kendari dan bermuara di Teluk Kendari.

"Kalau warga membuang sampah di sungai, akan menjadikan Teluk Kendari sebagai penampungan sampah tersebar sehingga akan meningkatkan laju sedimentasi atau pendangkalan teluk," katanya.

Dikatakan, aksi bersih-bersih sungai atau kali selama ini melibatkan beberapa elemen seperti TNI dan elemen masyarakat peduli sampah.

"Yang menjadi sasaran utama gerakan itu dimulai dari Kali Kadia, Kali Mandonga, Kali Lahundape dan Sungai Wanggu," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024