Kendari (Antara News) - Pemerintah Kota Kendari mendukung program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI yakni gerakan Indonesia Bebas Sampah 2020.

"Ini adalah sebuah komitmen gerakan moral yang harus menjadi karakter dan budaya bersih bagi masyarakat kita," kata Kepala Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman Kendari Tin Farida di Kendari, Selasa.

Ia mengatakan, pemerintah Kendari selama ini sudah menunjukkan komitmen yang ditandai perolehan tropi tertinggi dalam penanganan sampah dan lingkungan yakni piala Adipura.

"Kita meraih piala adipura selama tujuh tahun berturut-turut yakni lima kali adipura secara berturut turut dan dua tahun terakhir piala adipura kencana secara berturut-turut," katanya.

Menurut Tin Farida, Kota Kendari dinobatkan menjadi satu-satunya kota sedang di Indonesia yang mampu meraih piala adipura kencana pada tahun 2015 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"Hanya tiga kota meraih adipura kencana, Kendari untuk kota sedang, Balikpapan yang meraih adipura kencana kategori kota besar dan Surabaya kategori kota metropolitan," katanya.

Tin mengatakan, kalau masalah sampah selama ini menjadi momok masyarakat atau pemerintah di beberapa daerah, namun di Kota Kendari justru bisa menjadi sebuah prestasi yang melahirkan kebanggaan.

Pewarta : Suparman
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024