Jakarta (Antara News) - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menginginkan agar seluruh taman yang tersebar di wilayah ibukota mulai dilengkapi dengan fasilitas toilet.

         "Sekarang ini, kami sedang berpikir untuk melakukan 'upgrade' untuk taman-taman yang ada di Jakarta. Salah satu 'upgrade' itu, yakni dengan menambahkan fasilitas toilet," kata Basuki di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu.

         Dengan adanya fasilitas tersebut, menurut pria yang lebih akrab disapa Ahok sehari-hari itu, maka diharapkan dapat menambah kenyamanan warga ketika berkunjung ke taman.

         "Kalau taman-taman di Jakarta dilengkapi dengan toilet yang bersih, warga pasti akan semakin nyaman dan betah bersantai di taman. Selain itu, makin banyak juga yang berkunjung ke taman," ujar Ahok.

         Meskipun demikian, dia menuturkan satu-satunya masalah yang akan dihadapi, yaitu mengenai perawatan kebersihan di toilet tersebut. Oleh karena itu, dia pun meminta agar warga merawatnya dengan baik.

         "Kalau nanti sudah dilengkapi dengan toilet, saya minta semua warga merawatnya dengan baik, menjaga kebersihannya. Sehingga, fasilitas yang ada juga lebih awet," tutur Ahok.

         Sementara itu, dia mengungkapkan taman tidak sama dengan Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA). Taman merupakan Ruang Hijau Terbuka (RTH) yang tidak dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Sedangkan RPTRA dilengkapi dengan berbagai fasilitas publik, seperti sarana olah raga, sarana bermain anak dan balai pertemuan.

         "Makanya, saya selalu ingatkan, RPTRA itu bukan taman. Memang seperti taman, namun fasilitasnya lebih banyak. Ada fasilitas olahraga, tempat bermain, tempat pengajian, klinik dan ada perpustakaannya juga," ungkap Ahok.

Pewarta : Cornea Khairany
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024