Kendari (Antara News) - Aktivitas pedagang petasan di Kota Kendari menyambut tahun baru 2016 menjamur di sejumlah titik strategis untuk menggaet pembeli.
Pantauan di Kendari, Minggu, lokasi pilihan pedagang petasan yakni sekitar stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU), pusat-pusat perbelanjaan, sekitar pasar, terminal, halte dan bilangan jalan padat lalulintas.
"Kami harus pilih lokasi yang ramai dikunjungi atau dilewati warga karena tidak mungkin seseorang keluar rumah hanya untuk belanja petasan," kata pengecer petasan Asep (21).
Sebelum menjajakan petasan lebih dulu memohon izin kepada pemilik toko atau pusat perbelanjaan. Sedangkan, yang menjual di sejumlah ruas jalan selalu berpindah-pindah tempat.
"Berdasarkan pengalaman menjual petasan maka saya berpindah-pindah tempat menyesuaikan animo warga sekitar," kata Haryono (27) yang mengaku datang dari Surabaya.
Harga penjualan petasan bervariasi antara Rp24.000 hingga Rp250 ribu per paket atau disesuaikan dengan merk dan model.
Misalnya, petasan merk telur naga dijual Rp5.000 per bungkus, merk Pluto Rp35.000, merk gempita Rp75.000, Roman sampai Rp350 ribu per paket.

Pewarta : Sarjono
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024