Wangiwangi (Antara News) - Sebanyak 52 peserta mengikuti lomba perahu tradidisonal bermesin kantinting memeriahkan acara Wakatobi Wonderful Festival and Expo (Wakatobi Wave) 2015 yang dirangkaikan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-12 Kabupaten Wakatobi.

Kegiatan lomba perahu tradisinal itu digelar di Pelabuhan Panggulubelo Wangiwangi, ibu kota Kabupaten Wakatobi, Jumat petang.

Pertandingan lomba tersebut tampil sebagai pemenangan juara pertama adalah peserta perahu bernomor 16 atas nama dudi (27), disusul perahu bernomor 32 atas nama Riyadi (31) dan peserta nomor 28 atas nama Ramlan (42) berada di urutan ketiga, serta perahu bernomor 14di posisi keempat.

Sedangkan peserta perahu lainnya tidak sampai di garis finis yang ditetapkan oleh panitia.

"Hadiah bagi para pemenang lombah ini akan diserahkan pada acara malam penutupan Wakatobi Wave 2015 dirangkaidengan puncak perayaan HUT Wakatobi pada Sabtu malam, 28 November 2015 di Lapangan Merdeka Wangiwangi," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wakatobi, Nadar saat mengumumkan pemenang lomba tersebut.

Ia mengatakan pemenang pertama dari lomba tersebut akan mendapat satu unit mesin kantinting, sedangkan pemenang kedua mendapat hadiah lemari es sebagai pendingin ikan.

Semenentara pemenang ketiga akan memperoleh hadiah rice coocer dan pemenang keempat memperoleh hadiah hiburan berupa kipas angin.

"Tahun depan kegiatan ini kita laksanakan lebih semarak lagi dengan hadiah yang kita siapkan nanti berupa uang tunai Rp10 juta bagi pemenang pertama, Rp7 juta pemenang kedua dan Rp5 juta pemenang ketiga," katanya.

Lomba yang dimeriahkan dengan parade perahu hias itu disaksikan para kepala satuan kerja perangkat daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Wakatobi dan ribuan masyarakat, terutama masyarakat nelayan Bajo.

Pewarta : Agus
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024