Kendari (Antara News) - Sebanyak tiga daerah di Sulawesi Tenggara meraih penghargaan Adipura dan Adipura Kencana tahun 2015 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, dari 68 kota penerima piala kebersihan kota tersebut.

"Tiga daerah itu masing-masing Kota Kendari yang berhasil meraih Adipura Kencana dan Adipura diraih oleh Kota Baubau dan Kabupaten Kolaka," kata Kepala Badan Lingkungan Hidup Sultra, Hakku Wahab, di Kendari, Selasa.

Ia mengatakan, Kota Kendari adalah satu-satunya kota yang meraih Adipura Kencana atau Adipura terbaik untuk kategori kota sedang, Baubau meraih Adipura kategori kota sedang dan Kolaka meraih Adipura kategori kota kecil.

"Berdasarkan data penghargaan dari Kementerian LH dan Kehutanan RI, terdapat beberapa daerah yang baru mendapat Piagam Adipura di Sultra, satu daerah yakni Kabupaten Konawe," katanya.

Menurut dia, dengan adanya beberapa daerah yang mendapat penghargaan Adipura Kencana, Adipura dan Piagam Adipura menunjukkan bahwa pemerintah di daerah itu berkomitmen untuk membangun dengan berwawasan lingkungan dan mempertahankan keasrian, dan kebersihan lingkungan.

Wali Kota Kendari Asrun mengaku sangat bangga karena bisa mempertahankan piala Adipura Kencana meskipun penilaian tahun ini sangat ketat hanya diraih tiga kota di Indonesia yakni Kendari, Surabaya dan Balikpapan.

"Penghargaan ini sangat super karena hanya tiga daerah yang dapat Adipura Kencana, sedangkan tahun lalu ada 15 kota yang meraihnya," katanya.

Kota Kendari sudah meraih Adipura secara berturut-turut mulai 2009, 2010, 2011, 2012, 2013 kemudian Adipura Kencana 2014 dan 2015.

Penyerahan Adipura tersebut dilakukan oleh Wapres RI Jusuf Kalla untuk Kota Kendari (Adipura Kencana) dan Kota Baubau (daerah baru meraih Adipura), sedangkan untuk Kolaka diserahkan oleh Menteri LH dan Kehutanan Siti Nurbaya pada tempat yang sama di Hotel Bidakara Jakarta, Senin (23/11) malam.

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024