Kendari  (Antara News) - Tiga kerajaan menyatakan kesediaan menjadi tuan rumah musyawarah dan rapat kerja Forum Silaturrahmi Keraton se-Nusantara (FSKN) tahun 2016.

Aspirasi tersebut terungkap dalam Musyawarah Madya II Forum Silaturrahmi Keraton se-Nusantara yang digelar 12-15 November 2015 di Kendari, Sabtu.

Tiga daerah yang mengemuka dalam forum musyawarah sebagai penyelenggara muasyawarah FSKN tahun 2016 adalah Sultan Bulungan (Kalimantan Utara), Sultan Panipi (Provinsi Gorontalo) dan Sultan Mamuju (Sulawesi Barat).

Musyawarah yang dipimpin Ketua Umum FSKN Raja Denpasar IX Ida Bagus Jambe Cokorda Pamecutan menunda penetapan tuan rumah musyawarah FSKN dan rapat kerja tahun 2016.

"Tuan rumah musyawarah dan rapat kerja FSKN tahun 2016 akan diputuskan setelah tim memantau kesiapan daerah dan rekomendasi dari pemerintah setempat," kata Wakil Sekretaris FSKN Hj, R Ay Yani Soekotjo Djoyohadikusumo.

Penetapan tuan rumah musyawarah FSKN diharapkan melalui musyawarah mufakat karena senantiasa menjunjung tinggi semangat kekeluargaan antar-raja dan Sultan.

Pemangku Sultan Bulungan Kalimantan Utara Datu Abd Hamid mengatakan Sultan Bulungan siap menjadi penyelenggara musyawarah FSKN dan rapat kerja tahun 2016.

"Sultan Bulungan tidak ambisius tetapi bersedia menjadi tuan rumah. Jika ada daerah lain yang juga bersedia maka dapat kita musyawarakan untuk mencapai keputusan terbaik," kata Datu Abd Hamid yang juga koordinator Raja Raja se-Kalimantan.

Pewarta : Sarjono
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024