Kendari (Antara News) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kendari menargetkan seluruh sekolah atau madrasah dan SMK di daerah telah terakreditasi pada tahun 2016.

Kepala Bidang Kebudayaan dan Sarana Prasarana Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kendari Darwis di Kendari, Kamis, mengatakan dari total seluruh sekolah yang ada di daerah itu sebanyak 93 sekolah belum terakreditasi.

"Kita targetkan 93 sekolah tersebut dapat terakreditasi pada tahun 2016, sebelum pelaksanaan ujian nasional, kita juga telah menginstruksikan kepada sekolah tersebut untuk bersurat kepada Badan Akreditas Provinsi Sekolah/Madrasah (BAP-S/M) Sultra," ujarnya.

Ia menambahkan, masih adanya sekolah di daerah itu yang belum terakreditasi disebabkan masalah pendanaan yang masih kurang.

Menurut Kepala Bidang Kebudayaan dan Sarana Prasarana Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kendari itu, pihaknya tengah mengupayakan agar masalah pendanaan dapat terselesaikan sehingga 93 sekolah tersebut agar terakreditasi secepatnya sebelum pelaksanaan ujian nasional.

"Yang pasti kita usahakan agar masalah pendanaan segera terselesaikan, sebab akreditasi menjadi salahsatu syarat bagi sekolah jika ingin melaksanakan ujian nasional," ujarnya.

Sebanyak 93 sekolah tersebut terdiri dari 42 sekolah dasar, 14 SMP, empat MTs, enam SMA, SMK sebayak 25 kompetensi keahlian dan dua MA. Seluruh sekolah tersebut berstatus negeri maupun swasta.

Total seluruh sekolah yang ada di Kota Kendari yakni 126 SD, 10 MI, tiga SDLB, 40 SMP, 14 MTS, satu SMPLB, 27 SMA, tujuh MA dan 56 kompetensi keahlian yang ada di SMK.

Pewarta : La Ode Abdul Rahman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024