Baubau (Antara News) - Enam Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di wilayah Kepulauan Buton,  yakni Kabupaten Buton, Buton Selatan, Buton Tengah, Buton Utara, Wakatobi dan Kota Baubau menggelar Musyawarah Daerah (Musda) IV Kota Baubau pada hari Sabtu sampai Minggu (31/10 dan 1/11).

"Penyelenggaraan Musda bersama enam DPD PKS ini merupakan respon dan keinginan besar dari masyarakat di Kepulauan Buton dan semangat ini memberikan inspirasi kepada Pengurus PKS Provinsi Sultra," ujar Wakil Ketua DPW PKS Provinsi Sultra,Yaudu salam Ajo di Baubau, Minggu.

Ia mengatakan, pelaksanaan Musda IV keenam DPD PKS tersebut untuk menggaungkan adanya keinginan dan rencana untuk melahirkan sebuah daerah otonom baru yang mekar dari Provinsi Sulawesi Tenggara, yakni Provinsi Kepulauan Buton.

"Oleh karena itu, atas inspirasi itu, Dewan Pengurus Wilayah PKS Provinsi Sultra untuk menggagas Musda bersama enam DPD PKS ini sebagai bentuk dukungan politik atas keinginan masyarakat untuk melahirkan daerah otonom baru Provinsi Kepulauan Buton," ujar Yaudu yang juga anggota DPRD Provinsi Sultra.

Menurut Yaudu, dipilihnya arena Musda tersebut di Kota Baubau karena daerah ini merupakan sentra pemerintahan sejak zaman Kesultanan Buton yang juga kedepannya akan dijadikan sebagai pusat ibu kota Provinsi Kepulauan Buton.

"Ini juga merupakan kesyukuran bagi kami, dan memang pilihan di Kota Baubau ini adalah pilihan strategis dan cukup penting bagi acara Musda ini," ujar Yaudu.

Ia berharap, setelah pelantikan pengurus yang baru keenam DPD PKS tersebut agar melakukan konsolidasi secara umum untuk memberikan pemahaman tentang kerja partai, terutama pelaksanaan rapat persiapan musyawarah kerja daerah untuk satu tahun ke depan, sehingga sesuai dengan visi dan misi partai tersebut.

"Insya Allah setelah pelantikan pengurus enam DKD PKS tersebut, kita segera melakukan `up grade` pengurus dengan memberikan pemahaman dan pendekatan kapasitas serta konsolidasi secara umum, sehingga PKS sesuai visi yang sudah ditetapkan untuk menjadi partai papan atas dengan perolehan Pemilu nanti di atas 10 persen, bisa dicapai," ujarnya.

Dalam Musda tersebut terpilih sebagai Ketua DPD PKS Kota Baubau Darmawan Waridin, DPD PKS Kabupaten Wakatobi Syukur, DPD PKS Kabupaten Buton Utara Ali Janati, DPD PKS Kabupaten Buton Zainuddin Muzaini, DPD Kabupaten Buton Tengah Afrul Salim, dan DPD Kabupaten Buton Selatan La Muhadi.

Pewarta : Oleh Yusran
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024