Kendari (Antara News) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara memperoleh bantuan pembuatan es curah dari Kementerian Kelautan dan Perikanan tahun 2016 senilai Rp11 miliar.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sultra Askabul Kijo di Kendari, Senin mengatakan bantuan tersebut akan disalurkan kepada kelompok nelayan di wilayah pesisir yang sudah memiliki energi listrik.

"Bantuan pembuat es curah itu dikhususkan kepada para nelayan di wilayah pesisir yang sudah memiliki energi listrik karena pembuatan es itu hanya bisa berfungsi bila ada energi listrik," katanya.

Askabul belum merinci berapa banyak kelompok nelayan yang akan mendapatkan alat pembuatan es curah bagi para nelayan itu.

Ia hanya mengatakan para nelayan yang akan memperoleh bantuan tersebut adalah para nelayan wilayah pesisir yang tersebar di 15 kabupaten dan dua kota di Sultra.

"Kementerian Keluatan memberikan bantuan alat pembuat es curah itu untuk membuat hasil tangkapan ikan para nelayan bisa bertahan lama hingga beberapa hari atau tidak cepat rusak," katanya.

Dengan begitu ujarnya, harga jual ikan para nelayan akan tetap bertahan sehingga tingkat pendapatan para nelayan akan meningkat.

"Jika pendapatan para nelayan sudah meningkat, maka dapat dipastikan tingkat kesejahteraan keluarga para nelayan juga akan membaik dari waktu ke waktu," katanya.

Pewarta : Oleh Agus
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024