Kendari (Antara News) - Anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat yang juga merupakan anggota Komite IV Dewan Perwakilan Daerah (DPD) H Abdul Jabar Toba mengajak generasi muda untuk mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.
Mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila tentunya akan memperkuat rasa nasionalime masyarakat, sebab generasi muda penting untuk memegang teguh apa yang menjadi dasar dan ideologi bangsa, katanya pada Seminar Penguatan Nilai Demokrasi Pancasila di Kendari, Jumat.
Dikatakan, tidak dapat dipungkiri implementasi pengamalan nilai demokrasi Pancasila mulai mengalami pergeseran, di mana Indonesia yang menganut sistem Presidensil tetapi pada kenyataannya lebih cenderung pada sistem parlementer.
Selain itu lanjutnya, pergeseran nilai demokrasi pancasila juga dapat dilihat pada kebiasaan masyarakat yang lebih menonjolkan kepentingan pribadi atau golongan, sikap fanatisme yang berlebihan, maraknya unjuk rasa yang merusak, tidak menghormati simbol-simbol negara dan melecehkan pimpinan Negara serta terjadi penurunan etika.
"Maka dari itu pemuda sebagai generasi penerus bangsa ini diharapkan tidak hanya sebatas mengetahui dan menghafal Pancasila, tetapi lebih pada mengaplikasikan nilai-nilai yang terkandung pada Pancasila didalam kehidupan kesehariannya,"ujarnya.
Sebab lanjut Anggota MPR tersebut, pemuda merupakan perisai dan masa depan Indonesia dalam mewujudkan cita-cita bangsa.
Menurutnya, seminar penguatan demokrasi pancasila sengaja dilakukan sebagai bentuk amanat Undang-undang melalui Sekretariat Jenderal MPR RI bahwa anggota MPR RI yang di dalamnya terdiri anggota DPR dan DPD harus melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Pancasila, Undang-undang Negar Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika.
"Dengan semangat itu, kami anggota MPR RI akan terus melakukan seminar sebagai bentuk sosialisasi Pancasila sebagai ideologi bangsa agar selalu hidup dan diimplementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,"ujarnya.
Usai penyampaian materi seminar, Anggota MPR RI itu juga mengucapkan terimakasi kepada Rektor Universitas Muhammadyiah Kendari yang bersedia menyediakan tempat untuk pelaksanaan kegiatan tersebut.
Seminar tersebut dihadiri oleh, mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi yang ada di Kota Kendari, Perwakilan dari Gerakan Pemuda Anshar, Gerakan Pemuda Muhammadyah.

Pewarta : Oleh La Ode Abdul Rahman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024