Kendari (Antara News) - Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mendorong pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di daerah itu agar mamanfaatkan fasilitas informasi dan teknologi untuk memasarkan produk unggulan secara on-line.

"Memanfaatkan teknologi informasi atau internet dalam pemasaran, maka produk dari UMKM akan bisa diakses jutaan orang di Indonesia," kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sultra, La Ode Andi Pili, di Kendari, Rabu.

Menurut Andi Pili, pemanfaatan pemasaran melalui internet akan memiliki pengaruh yang sangat signifikan dalam penjualan produk.

"Selama ini permintaan produk sangat tergantung pola ekonomi di daerah ini sehingga musiman, dengan pemasaran online permintaan produk bisa konsisten karena pemasaran bisa menjangkau luar daerah," katanya.

Andi Pili mengakui kalau pelaku UMKM di daerah itu masih sangat minim memanfaatkan teknologi informasi untuk pemasarannya.

"Rata-rata masih konvensional, terlihat sekali dari laporan keuangan mereka masih sangat minimum penjualannya, total biayanya yang sangat besar," katanya.

Disebutkan beberapa komotiti dan produk unggulan yang dimiliki pelaku UMKM Sultra diantaranya temun lokal, produk pengolahan perikanan seperti rumput laut, pengolahan kakao, kacang mete dan beberapa produk unggulan lainnya.

Pewarta : Oleh Suparman
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024