Kendari (Antara News) - Sebanyak 1.333 calon haji (calhaj) asal Sulawesi Tenggara (Sultra) yang diberangkatkan melalui Embarkasi Makassar kini sudah tiba di Mekkah, untuk bersiap melaksanakan puncak ibadah haji, wukuf di Arafah.
"Kami sudah memberangkatkan seluruh jamaah calon haji, totalnya 1.333 orang jamaah," kata Kepala Kanwil Kemenag Sultra Mohamad Ali Irfan di Kendari, Senin.
Menurut Ali Irfan, seluruh calon haji Sultra yang terbagi dalam tiga kelompok terbang sudah menempati pemondokan masing-masing yakni Kloter 19 UPG menempati pemondokan di wilayah Raudha Arab Saudi, Kloter 20 UPG di wilayah Aziziah Arab Saudi dan Kloter 21 UPG di wilayah Jarwal Arab Saudi.
Plh Kabid Haji Kanwil Kemenag Sultra, Abdul Kadir Aziz, mengatakan Kloter 19 UPG asal Sultra tersebut terdiri atas Kota Kendari sebanyak 334 orang, Kabupaten Wakatobi sebanyak 41 orang dan Kabupaten Konawe 70 orang.
Sedangkan calon haji yang berangkat Kloter 20 UPG asal Sultra tersebut terdiri atas jamaah Konawe Utara sebanyak delapan orang, Kolaka Utara 191 orang, Muna 38 orang, Buton Utara dua orang, Buton 41 orang dan Kota Baubau 166 orang.
Untuk Kloter 21 UPG asal Sultra tersebut terdiri atas jamaah Kabupaten Bombana sebanyak 81 orang, Kolaka 167 orang, Kolaka Timur 164 orang, dan Konawe Selatan 32 orang.
Kadir menyebutkan, keseluruhan calon haji Sultra tahun 2015 sebanyak 1.335 orang, tetapi satu orang dari Wakatobi meninggal dunia saat berada di Asrama haji Sudiang Embarkasi Makassar dan satu orang tertunda keberangkatannya karena masih dalam perawatan kesehatan di RS Wahidin Makassar.

Pewarta : Oleh Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024