Kendari (Antara News) - Pemerintah provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mendorong dan mendukung percepatan pemekaran tujuh calon daerah otonomi baru (DOB) di daerah itu.
"Tujuh calon DOB teraebut terdiri enam calon kabupaten dan satu calon provinsi," kata Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Sulawesi Tenggara Zayat Kaimuddin di Kendari, Rabu.
Dia menyebutkan, enam calon kabupaten adalah calon DOB Kabupaten Konawe Timur, Kabupaten Muna Timur, Kabupaten Poleang, Kabupaten Kabaena Kepulauan, Kabupaten Pakue dan Kabupaten Konawe Timur Laut.
"Sedangkan satu calon DOB provonsi adalah provinsi Kepulauan Buton," katanya.
Menurut dia, usulan pemekaran daerah baru di Sultra saat ini tengah berproses di DPRD Provinsi Sultra, sebahagian sudah diserahkan ke Kemendagri.
"Jika tidak banyak hambatan daerah-daerah yang diusulkan akan segera menjadi daerah otonomi baru," katanya.
Ia menyebutkan daerah-daerah prioritas untuk mekar yakni Konawe Timur mekar dari Kabupaten Konawe Selatan, Kabaena Kepulauan mekar dari Kabupaten Bombana, Muna Timur mekar dari Kabupaten Muna, Pakue mekar dari Kabupaten Kolaka Utara, Poleang mekar dari Bombana termasuk Provinsi Kepulauan Buton mekar dari Provinsi Sultra.
"Sementara itu Konawe Timur Laut yang akan mekar dari Kabupaten Konawe belum menjadi prioritas karena prosesnya belum sejauh daerah lainnya. Satu calon DOB yang lagi diperbincangkan adalah Kolaka Selatan untuk mekar dari Kabupaten Kolaka," katanya.

Pewarta : Oleh Suprman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024