Kendari (Antara News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Kendari memperingatkan nelayan dan pengguna jasa transportasi laut agar mewaspadai gelombang tinggi dua hingga empat meter.

Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Zainuddin, di Kendari Jumat mengatakan, gelombang laut dengan ketinggian dua hingga tiga meter diperkirakan akan terjadi Laut Banda Timur Sulawesi Tenggara selama dua hari ke depan.

Selain itu juga terjadi di wilayah Laut Seram bagian timur, Laut Banda bagian utara, Laut Banda bagian selatan, perairan Kepulauan Babar, perairan Kepulauan Sermata, perairan Kepulauan Leti dan Laut Arafuru bagian tengah.

Sedangkan gelombang laut dengan ketinggian tiga hingga empat meter diperkirakan terjadi di perairan Kepulauan Kai, perairan Kepulauan Aru, perairan Kepulauan Tanimbar dan Laut Arafuru bagian tengah.

"Kami imbau para nelayan yang akan mencari ikan untuk selalu berwaspada, sebab sewaktu-waktu akan terjadi gelombang tinggi, mengingat ada beberapa tempat yang diprediksi akan terjadi gelombag tinggi," kata Zainuddin.

Ia mengatakan, adapun untuk prakiran cuaca pada dua hari ke depan di wilayah Kota Kendari dan sekitarnya diperkirakan cuaca cerah hingga berawan, arah mata angin umumnya dari timur hingga tenggara dengan kecepatan dua hingga 15 knot, suhu rata-rata mencapai 27 celcius dengan kelembaban udara mencapai 73 persen.

Pihaknya berharap para nelayan dan pengguna jasa transportasi laut lainnya untuk senantiasa waspada dengan ketinggian gelombang laut yang sewaktu-waktu berubah di luar prediksi BMKG.

Pewarta : Oleh Azis Senong
Editor :
Copyright © ANTARA 2024