Kendari (Antara News) - Sebanyak 140 atlet karateka ambil bagian dalam Kejuaraan daerah (Kejurda) Institut Karatedo Indonesia (Inkai) RRI Cup III 2015, rangkaian hari radio ke-70, Radio Republik Indonesia (RRI) Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra) di Aula RRI Kendari, Jumat.

Ketua Pemegang Sabuk Hitam Inkai Sultra, Arifin Kanna mengatakan, kejuaraan tersebut dilangsungkan untuk mencari bibit atlet karate untuk dipersiapkan pada kejuaraan wilayah (Kejurwil) Sulawesi dan Maluku pada Oktober 2015 yang diagendakan di Kota Kendari.

"Kejurda akan melaksanakan Kejuaraan wilayah zona lima Sulawesi, dan zona enam Maluku dan Jayapura dilaksanakan di Kendari, makanya hasil dari kejuaraan daerah Inkai RRI Cup III ini akan kita evaluasi untuk membentuk Tim Inkai Sultra untuk mengikuti Kejurwil." jelasnya.

Ia mengatakan, setelah kejurwil tersebut, para atlet yang lolos dalam ajang itu dipersiapkan menuju Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Inkai pada akhir Oktober hingga awal November 2015 di Semarang.

Kejurda Inkai ini diikuti tujuh daerah kabupaten dan kota di Sultra, yakni Kabupaten Muna, Buton, Muna Barat, Konawe, Konawe Kepulauan, Kolaka Timur, Kota Baubau dan Kota Kendari.

Kejurda yang di selenggarakan RRI selama tiga hari (4-6 September) ini dibuka Kepala LPP RRI Kendari, Nawir Nawihu dihadiri sejumlah pelatih dan wasit dari daerah serta di saksikan para atlet karate dari berbagai perguruan di Sultra.

Dalam kejuaraan tersebut mempertandingkan kata dan kumite putra-putri dari kelompok umur usia dini 8-9 tahun, kelompok umur pra pemula 10-11 tahun, kelompok umur pemula 12-13 tahun, kelompok umur 14-15 tahun, kelompok umur yunior 16-17 tahun hingga kelas senior.

Nawir Nawihu saat membuka kejurda Inkai megharapkan agar para atlet yang ikut dalam kejuaraan untuk senangtiasa menjunjungdan menjaga sportifitas dan kejujuran dalam bertanding dan tidak menonjolkan ego yang dapat menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

"Yang namanya pertandingan dalam satu kejuaraan pasti ada yang menang dan kalah, namaun untuk merai kemenangan itu harus dengan cara yang benar, jujur dan adil," ujarnya.

Pewarta : Oleh Azis Senong
Editor :
Copyright © ANTARA 2024