Kuala Lumpur (Antara News) - Rakyat Malaysia, Senin, merayakan Hari Kemerdekaan ke-58 penuh suka cita dengan membanjiri Dataran Merdeka, Kuala Lumpur yang menjadi pusat perayaan sambutan Hari Kebangsaan 2015.

        Sekitar 13 ribu peserta dari berbagai lapisan masyarakat, mulai dari pelajar, masyarakat umum, pengusaha, atlet, anggota keselamatan, tentara dan lainnya tampak berbaur merayakan kemerdekaan negara yang membawa slogan "Sehati Sejiwa".

        Diantara kerumunan masyarakat yang memadati Dataran Merdeka juga terlihat para wisatawan mancanegara pada acara yang disiarkan langsung oleh televisi setempat.

        Penonton di lokasi dapat menyaksikan acara secara jelas melalui televisi layar lebar (LED) berukuran panjang 108 meter dan tinggi sembilan meter. Layar tersebut merupakan terbesar yang pernah digunakan di Malaysia.

        Perayaan ini dihadiri Perdana Menteri Datuk Seri Najib Tun Razak dan isteri Datin Seri Rosmah Mansor, Wakil Perdana Menteri Datuk Seri Dr Ahmad Zahid Hamidi dan isteri Datin Seri Hamidah Khamis dan barisan menteri Kabinet serta perwakilan asing yang ada di negara ini.

        Dalam acara tersebut seperti dilaporkan Bernama, Senin ditampilkan sejumlah atraksi dimulai dengan acara 'Derap Seragam', yaitu persembahan terbaru oleh 900 pegawai dan anggota Angkatan Tentara Malaysia (ATM) disusul persembahan serentak bersama-sama pelajar dengan melakukan barisan berirama.

        Penonton khususnya anak-anak terpukau menyaksikan karya animasi antaranya Upin dan Ipin dan BoboiBoy.    

        Arak-arakan kendaraan Polisi Malaysia (PDRM) antara lain sepeda motor Kawasaki GTR 1400 dan Honda ST 1300 yang digunakan untuk mengawal lalu lintas, kendaraan pengiring orang-orang ternama dan patroli juga menarik perhatian orang pada acara itu.

        Angkatan Tentara Malaysia (ATM) dari angkatan darat, laut dan udara  turut pula menampilkan peralatan militer terbaru termasuk kendaraan pembawa senjata jenis G Wagon yang digunakan pasukan infanteri.

        Deru jet-jet tempur milik Angkatan Udara juga menghiasi ruang udara sekitar Dataran Merdeka dengan membuat sejumlah formasi di udara.

        Atraksi yang memukau penonton ialah formasi penerbangan sembilan pesawat Pilatus PC 7 yang digunakan sebagai pesawat latihan dasar untuk penerbang Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM), pesawat pengangkut TUDM, selain 11 pesawat tempur Sukhoi SU 30 MKM.

        Selanjutnya, acara sambutan Hari Kemerdekaan Malaysia di Dataran Merdeka diakhiri dengan penampilan khas tarian kebudayaan oleh komponen rakyat yang dibawakan lebih 1.000 peserta.

Pewarta : Oleh N Aulia Badar
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024