Rumbia (Antara News) - Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Bombana Hj. Masyhura Illa Ladamay berharap agar kader-kader pramuka mampu untuk menciptakan lingkungan yang bersih, rapi dan asri dalam kehidupan bermasyarakat.

"Penciptaan lingkungan yang bersih, sehat, rapi dan asri dapat diwujudkan melalui program dan koordinasi di internal organisasi pramuka itu sendiri, maupun dengan pemerintah dan kalangan masyarakat," tutur Masyhura, saat menutup kegiatan perkemahan pramuka yang diikuti sekolah tingkat SD, SMP dan SMA, Minggu.

Di Bombana kata dia, telah dilantik Majelis Pembimbing Cabang yaitu Saka Bhayangkara, Saka Pariwisata, Saka Wanabhakti, Saka Husada dan Saka Kalpataru.

Dilantiknya lima majelis pembimbing tersebut lanjut Masyhura, diharapkan agar bekerja sesuai bidangnya seperti Bhayangkara kelak dapat bekerjasama dengan satuan pendidikan khususnya yang terdapat di Rumbia, Ibu Kota Bombana.

"Saka Bayangkara ini diharapkan mampu membentuk polisi lalu lintas cilik di tiap sekolah, yang aakan ditugaskan untuk menciptakan ketertiban berlalulintas," imbuhnya.

Di Sektor Pariwisata, lanjut Masyhura, satuan pengelolanya dapat pula memperkenalkan lokasi wisata di dunia, namun jangan lupa bahwa areal wisata yang terdapat di daerah Bombana juga tidak kalah penting untuk diperkenalkan khususnya kepada anak-anak didik. 

Sedangkan untuk Saka Kalpataru, kata dia, harus mampu bekerjasama kepada semua kalangan masyarakat khususnya di Bombana guna menciptakan kondisi lingkungan yang sehat, bersih, rapi da asri.

"Ini sangat mungkin dilakukan, sebab dalam berbagai kegiatan kepramukaan selalu terdapat gerakan pembersihan lingkungan yang hanya membutuhkan waktu paling lama 5 menit, tetapi dalam kurun waktu 3 menit saja gerakan tersebut sudah selesai dan terbukti lingkungan tersebut menjadi bersih," urai Masyhura.

Begitu juga dengan Saka Bhakti Husada, pembimbing diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada
 kader-kader pramuka tentang pola hidup bersih dan sehat.

"Terakhir adalah Saka Wana Bhakti juga diharapkan dapat memprogramkan kegiatan rutin tahunan seperti penanaman pohon atau mangrove di daerah pesisir sehingga tercipta lingkungan yang hijau dan bebas dari abrasi pantai," terang Wakil Bupati Bombana ini.

Pewarta : Oleh Abdul Azis Senong
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024