Kendari  (Antara News) - Dari sebanyak 1.917 desa yang ada di Provinsi Sulawesi Tenggara, 670 desa di antaranya menerima dana bantuan pembangunan desa tahun 2015.

"Kami tidak paham mengapa baru sebanyak 670 desa itu di Sultra yang mendapatkan dana desa tahun 2015," kata Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Sultra, Jaya Bhakti di Kendari Minggu.

Dikatakan jumlah desa se-Sultra yang berhak mendapatkan dana desa sebanyak 1.917 desa yang tersebar di 15 kabupaten.

"Desa-desa yang tahun ini belum mendapatkan dana desa, akan diberikan dana desa tahun anggaran berikutnya," katanya.

Menurut dia, pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (KPDT), akan menerima tenaga pendamping dana desa sebanyak 670 orang sesuai dengan jumlah desa penerima dana desa.

Tahun depan kata dia, KPDT akan kembali menerima tenaga pendamping dana desa sesuai dengan jumlah desa yang akan mendapatkan dana desa tahun 2016.

"Dalam seleksi tenaga pendaping dana desa, kita BPMD Sultra hanya diberi tugas menampung seluruh berkas peserta seleksi, baik yang disampaikan melalui `online` maupun melalui Sekretariat BPMD Sultra," katanya.

Sementara yang menentukan kelulusan para pelamar kata dia, sepenuhnya menjadi urusan KPDT.

"Sampai dengan penutupan pendaftaran, jumlah pelamar pendamping dana desa yang mendaftar di Sekretariat BPMD Sultra kurang lebih 11.000 orang, sedangkan yang akan diterima hanya 670 orang," katanya. 

Pewarta : oleh Agus
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024