Kendari (Antara News) - Pemerintah Kabupaten Wakatobi, Sabtu (15/8) malam, menjamu para wisatawan penumpang kapal peserta `yacht rally` dalam acara makam makam bersama dalam rangka memeriahkan Sail Teluk Tomini 2015.

Kepala Bagian Humas dan Protokoler Pemerintah Kabupaten Wakatobi, La Ode Ifi di Wangiwangi, Minggu, mengatakan, pada acara jamuan makan tersebut Bupati Wakatobi, Hugua, memperkenalkan keindahan alam bawah laut daerah itu kepada para penumpang konvoi kapal layar mewah itu.

"Di hadapan para penumpang kapal mewah asal berbagai negara, bupati menjelaskan bahwa alam laut Wakatobi memiliki 750 jenis terumbu karang atau sekitar 90 persen dari total jenis terumbu karang dunia yang berjumlah 850 spesies," katanya.

Bupati juga menyampaikan bahwa alam bawah laut Wakatobi juga dihuni sebanyak 942 jenis ikan dan biota laut lainnya yang menambah keindahan alam bahwa laut kabupaten itu.

Menurut Ifi, hingga Minggu (16/8) pagi, jumlah peserta konvoi Yatch Rally Sail Indonesia di Teluk Tomini, sudah mencapai 10 kapal dengan jumlah penumpang sebanyak 30 orang.

Selama berada di Wakatobi, kata dia, para penumpang kapal layar mewah dari berbagai negara tersebut, bersama masyarakat juga mengikuti kegiatan gerak jalan santai dalam rangka memperingati HUT ke-70 Kemerdekaan RI.

"Pada puncak peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus 2015, para penumpang yatch itu juga akan mengikuti upacara pengibaran bendara Merah Putih bersama pemerintah dan masyarakat Wakatobi," katanya.

Ia juga mengatakan, selama beberapa hari terakhir ini, para penumpang kapal mewah tersebut telah mengunjungi beberapa obyek wisata di Wakatobi, antara lain kunjungan dii Benteng Liya Togo, menyelam di Pantai Sombu dan Pulau Hoga.

"Dua tempat wisata penyelaman tersebut, merupakan dua lokasi penyelaman terbaik di Wakatobi, selain karang Mari Mabo," katanya.

Pewarta : Oleh Agus
Editor :
Copyright © ANTARA 2024