Kendari (Antara News) - Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Nur Alam, mengatakan dengan momentum peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 Kemerdekaan Republik Indonesia sudah seharusnya putra-putri bangsa mampu meningkatkan prestasi untuk segala bidang.

"Untuk mengisi kemerdekaan RI, maka kita harus terus bergerak maju dan menunjukan prestasi-prestasi yang gemilang di segala bidang, terlebih pada dunia peningkatan sumber daya manusia, " kata Nur Alam saat menyampaikan sambutan pada acara Malam Resepsi Kenegaraan dalam rangka peringatan HUT Ke-70 Tahun Kemerdekaan RI di Kendari, Sabtu malam.

"Sebab walaupun kita memiliki sumber daya alam yang melimpah tanpa adanya sumber daya manusia yang handal, maka itu akan sia-sia," ujarnya pada acara malam yang dihadiri Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Saleh dan jajarannya, Wakil Gubernur Sultra HM Saleh Lasata, forum koordinasi pimpinan daerah, anggota Legium Veteran, pimpinan satuan kerja perangkat daerah, para camat dan lurah/kepala desa, serta perwakilan pelajar se-Sultra.

Nur Alam mengatakan, ada banyak hal yang harus ditingkatkan untuk mengisi kemerdekaan, tidak hanya perbaikan pada bidang perekonomian, tetapi juga peningkatan sumber daya manusia lokal, sehingga kekayaan alam yang dimiliki dapat terkelola dengan baik yang tentunya akan berbanding lurus dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat dan bangsa Indonesia.

"Saat ini kita bisa merasakan berbagai kemajuan teknologi, di mana hal tersebut tidak terlepas dari perjuangan para pahlawan pendahulu kita. Maka dari itu untuk mengisi kemerdekaan ini harus terus melangkah maju," ujarnya.

Selain menekankan pada pembangunan sumberdaya manusia untuk terus menorehkan prestasi, Nur Alam juga menekankan agar pemberdayaan masyarakat terus dilakukan untuk mendukung keberhasilan pembangunan mulai dari tingkat kelurahan dan desa hingga pada pembangunan secara nasional.

Menurut Nur Alam, upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat perlu penguatan kelembagaan, peningkatan motivasi, partisipasi dan gotong royong masyarakat.

Pada kesempatan tersebut Gubernur Sultra menyerahkan tanda penghargaan kepada siswa-siswi berprestasi, lurah dan kepala desa, instansi terbaik lingkup Pemprov Sultra dan para veteran.

Pewarta : Oleh La Ode Abdul Rahman
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024