Kendari (Antara News) - Peringatan 53 tahun usia Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Kendari diawali jalan santai yang diikuti ribuan siswa-siswi Minggu .

Jalan santai yang telah menjadi agenda wajib tahunan itu ditempuh 4-5 kilometer dengan gerak jalan awal dari pelataran Masjid Agung Al-Kautzar Mandonga dan finish di SMAN 1 Kendari di Kelurahan Kemaraya atau depan kantor cabang utama Bank Sultra.

Menariknya peringatan hari ulang tahun SMAN Kendari yang berdiri 1 Agustus 1962 dengan tema tahun 2015 "The Nostalgic Fair of 53 Smansa On Fire" dilakukan berbagai macam acara dengan rangkaian kegiatan mulai kegiatan bakti sosial, lomba futsal antaralumni dan Harmonika Smansa.

Salah seorang alumni angkatan 1986, Sukamto Toding menyatakan mendukung kegiatan tahunan yang dilakukan pihak sekolah bekerjasama dengan ikatan alumni dan siswa dengan tujuan untuk keakraban serta silaturrahmi antarsesama alumni.

Hal senada diungkapkan Farida Faisal, juga salah satu alumni angkatan 86 yang kini menjabat sebagai Kepala Pengadilan Militer di Surabaya (Jawa Timur) itu mengatakan, sejak ada kegiatan jumpa alumni tahun ini, baru menyempatkan hadir kali ini.

"Selama hampir 29 tahun meninggalkan sekolah ini, baru kali ini saya menyempatkan hadir di sekolah ini," kata Ida nama panggilan saat di sekolah itu.

Ia juga mengharapkan, pada kegiatan kedepan tidak hanya para alumni yang dihadirkan untuk menyemarakkan kagiatan jumpa kangen itu, tetapi juga keluarga (suami/istri termasuk anak-anak) diharapkan ikut dalam kegiatan ini.

Begitu pula salah seorang alumni 90-an, Anton Timbang, memberi apresiasi kegiatan reuni tahunan ini untuk terus dipertahankan demi kesinambungan persahabatan dan persaudaraan yang tidak akan putus.

"Sekarang kan teknologi informasi sudah cukup canggih, cukup dengan melalui sms-an, sudah bisa terakses satu dengan lainnya," ujar Anton yang juga Ketua IMI Sultra itu.

Para alumni angkatan 86 itu juga menyempatkan melakukan silaturahmi kepada mantan kepala SMAN Kendari era tahun 1980-1985 HM Sanib di rumah kediamannya di Kelurahan Kemaraya, Kendari.

Pada kegiatan jalan santai tersebut berbagai atraksi hiburan yang dimeriahkan penampilan grup marching band, musik band sekolah, serta yel-yel para siswa/siswi yang mengenakan kostum dan aksesoris untuk masing-masing angkatan maupun alumni.

Ketua Ikatan Alumni (IKA) SMAN 1 Kendari (2013-sekarang), Prof Mahmud Hamundu mengatakan, keberhasilan para alumni saat ini menjadi motivasi tersendiri bagi para siswa untuk mencapai keberhasilan masa depan mereka.

"Terus terang saya bangga dan yakin para siswa dan alumni SMAN 1 Kendari dari tahun ke tahun akan selalu melakukan hal-hal lebih baik di tengah masyarakat. Tidak heran sekolah ini tetap menjadi sekolah terfavorit di Kota Kendari dan Sultra pada umumnya," ujar Mahmud yang didampingi Andi Muzakir Mustafa (mantan Wakil Wali kota Kendari," ujarnya.

Kepala SMAN 1 Kendari Muhammad Ali menjelaskan, sekolah yang telah berusia selama 53 tahun, sudah 12 kali pergantian pimpinan yakni pertama Tuna Saranani (1962-1970), B. Lakawa (1970-1974), Musaruddin (alm. 1974-1978), La Ode Abidin Dani (alm. 1978-1980), HM. Sanib (1980-1985), Muh Idrus Hasi (alm. 1985-1994), H Rayen Ibrahim (1994-1999), H Rasu Tosepu (1999-2004), H Basri Madjid (2004-2008), Triyanto (2008-2010) dan Muh Ali 2014-sekarang).

Pewarta : Oleh Abdul Azis Senong
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024