Kolaka (Antara News) - Pemerintah Kabupaten Kolaka bekerja sama dengan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya mengembangkan potensi pariwisata di daerah itu.
Bupati Kolaka Ahmad Safei di Kolaka, Rabu, mengatakan beberapa objek wisata yang ada di "Bumi Mekongga" itu harus dipromosikan ke luar daerah.
Sejumlah objek wisata unggulan setempat tersebut, antara lain Sungai Tamborasi, permandian air panas, serta wisata Pantai Kayu Angin.
"Selain itu juga objek wisata laut lainnya, yakni gugusan pulau- pulau Padamarang yang memang akan dikembangkan," katanya.
Untuk pengembangan destinasi wisata setempat itu, pemkab melakukan kerja sama dengan ITS guna menyiapkan desain, pembangunan, dan perjalanan wisata.
"Perjalanan wisata ini kita sudah kerja sama juga dengan beberapa kabupaten, baik di Sulawesi Tenggara maupun Sulawesi Selatan hingga ke Bali," kata Safei.
Rute perjalanan wisata, kata mantan Sekda Kolaka tersebut, nantinya yang dimotori oleh ITS, antara lain Jakarta-Bali-Wakatobi-Kolaka-Tana Toraja-Makassar dan sebaliknya.
"Saat ini juga pihak pemerintah sudah didukung oleh salah satu perusahaan penerbangan dengan rute penerbangan Kolaka-Bone-Palopo dan Tana Toraja dengan jadwal sekali seminggu," katanya.
Selain itu, kata Safei, penerbangan lainnya yang melayani Kolaka-Makassar tetap dilakukan setiap hari dengan perusahaan penerbangan yang berbeda.

Pewarta : Oleh Darwis Sakani
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024