Kolaka (Antara News) - Kabupaten Kolaka akan menjadi salah satu daerah di Sulawesi Tenggara yang akan dilalui Jalur Kereta Api (KA) Lintas Sulawesi yang merupakan program pemerintah pusat.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pemkab Kolaka Andi Abbas di Kolaka, Rabu, mengatakan, pihaknya kini mulai menyiapkan rencana jalur dan beberapa titik stasiun persinggahan kereta api di kabupaten itu.

Langkah itu, kata dia, untuk mendukung program pemerintah pusat dalam membangun sarana transportasi massal yang efektif dan efisien.

"Interkoneksi jalur kereta api ini dimulai dari Makassar, Sulawesi Selatan sampai Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara melalui Kabupaten Kolaka, makanya kita sudah siapkan jalur dan titik stasiunnya," ujar Abbas.

Pembangunan jaringan KA itu, kata dia, akan dibiayai dengan dana APBN. "Di Makassar, saat ini sudah mulai dilakukan pembayaran ganti rugi kepada warga yang lahannya akan dijadikan jalur kereta api tersebut.

Pemerintah menilai pembangunan moda transportasi itu akan menumbuhkan sentra-sentra ekonomi baru di wilayah itu karena adanya fasilitas dan akses yang lebih baik untuk masyarakat.

"Selain itu pelayanan kepada masyarakat terhadap moda transportasi darat bisa lebih cepat dan nyaman," ujar Abbas.

Abbas juga menjelaskan pembangunan jalur KA itu merupakan salah satu program jangka menengah dan panjang pemerintah pusat saat ini.

"Ini akan mendorong perkembangan daerah apalagi Kabupaten Konawe sudah dijadikan sebagai kawasan industri oleh pemerintah pusat dan Kabupaten Kolaka menjadi daerah strategis untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Abbas.

Pewarta : Oleh Darwis Sakani
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024