Kendari (Antara News) - Kepala Biro Pemerintahan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Zayat Kaimuddin, mengatakan dokumen dua calon daerah otonomi baru (DOB) di Sultra sudah masuk ke Kementerian Dalam Negeri.

"Dokumen dua calon DOB tersebut adalah calon DOB Kabupaten Konawe Timur dan Kabupaten Kepulauan Kabaena," kata Zayat Kaimuddin, di Kendari, Sabtu.

Zayat berharap, dua calon DOB tersebut bisa masuk skala prioritas untuk didjadikan DOB oleh pemerintah.
"Kita akan mengetahui masuk skala prioritas kalau sudah mendapatkan amanat presiden (ampres) dari presiden sebagai syarat untuk dibahas menjadi sebuah undang-undang oleh DPR RI," katanya.

Selain dua calon DOB tersebut, kata dia, saat ini masih ada beberapa calon DOB yang sedang merampungkan dokumen sebelum dikirim ke pusat yakni calon DOB Kabupaten Muna Timur, Kabupaten Poleang dan Kabupaten Pakue.

"Untuk calon DOB Kabupaten Muna Timur dalam waktu dekat ini kami akan antar dokumennya ke Depdagri, sedangkan Kabupaten Poleang dan Kabupaten Pakue masih melengkapi data dukungan dari kabupaten induk," katanya.

Disebutkan, Konawe Timur akan lepas dari Konawe Selatan, Muna Timur akan lepas dari Kabupaten Muna, Kabupaten Kepulauan Kabaena dan Kabupaten Poleang akan lepas dari Kabupaten Bombana dan Kabupaten Pakue akan lepas dari Kabupaten Kolaka Utara.

Pewarta : Oleh Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024