Kendari (Antara News) - Gubernur Sulawesi Tenggara Nur Alam meminta seluruh perusahaan daerah (perusda) milik pemerintah daerah tersebut agar kreatif mengembangkan usaha.
"Kita inginkan agar badan usaha milik daerah ini benar-benar bisa mengembangkan usaha berdasarkan potensi sumber daya alam yang ada," kata Gubernur Nur Alam di Kendari, Selasa.
Menurut dia, potensi ekonomi di Sultra sangat besar dan beragam, jika sebagian potensi itu dikelola dengan baik, maka akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.
"Potensi tersebut merupakan peluang yang dapat ditangkap oleh Perusda dalam berbagai bidang usaha," katanya.
Ia meminta kepada jajaran direksi perusda yang ada di Sultra agar memanfaatkan peluang yang ada di sektor bisnis murni karena pada dasarnya BUMD ini memiliki posisi yang lebih baik dibanding perusahaan swasta pada umumnya.
"Perusda secara umum sudah memiliki pasar yang jelas yaitu sektor pemerintah daerah. Hal ini berbeda dengan dunia usaha swasta yang harus berjuang menciptakan produk dan mencari pasar sendiri," katanya.
Sangat ironis, kata Nur Alam, jika perusda yang memiliki fasilitas dan pasar yang jelas, tetapi tidak bisa hidup dan bersaing dengan pihak swasta," katanya.

Pewarta : Oleh Agus
Editor :
Copyright © ANTARA 2024